Jumat, 23 Maret 2012

5 Tips Agar Tidur Anda Nyenyak

woman_sleep Terlalu banyak pekerjaan atau kegiatan sehingga Anda kekurangan waktu untuk tidur? Atau Anda lebih mementingkan pekerjaan dan kegiatan lain, sehingga memutuskan untuk mengurangi waktu tidur? Sebaiknya jangan karena resiko utama jika Anda kekurangan tidur adalah kesehatan Anda sendiri. Masalahnya, banyak orang meremehkan aktivitas tidur karena dianggap bukan sesuatu yang bermanfaat untuk mengembalikan tenaga yang akan diperlukan untuk beraktivitas keesokan harinya. Sehingga, tidak ada salahnya menjadikan tidur sebagai salah satu prioritas dalam kehidupan sehari-hari.

Namun ada kalanya meskipun ingin, kita sulit untuk bisa tertidur. Seandainya bisa pun tidur kita tidak nyenyak sehingga ketika terbangun badan kita tidak fit 100 persen. Nah, berikut ini ada 5 tips yang bisa Anda praktekkan agar tidur Anda bisa lebih nyenyak dan pulas.

1. Menata ulang ruang tidur.
Siapa tahu memang ruang tidur Anda yang tidak kondusif untuk tidur. Tidak ada salahnya untuk menata ulang. Buatlah kamar tidur yang nyaman, dengan lampu temaram dan suasana tenang. Perlu diingat juga, ketika tidur di malam hari, suhu tubuh akan menurun. Jadi, buatlah suhu kamar yang nyaman, yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

2. Usahakan untuk cukup tidur.
Umumnya seseorang butuh tujuh hingga delapan jam tidur agar bisa beraktivitas normal pada siang hari. Indikasi bahwa Anda kekurangan tidur misalnya: butuh alarm untuk bisa bangun, butuh minum kopi agar tetap terbangun, atau mengantuk saat beraktivitas di siang hari.

3. Buat jadwal rutin.
Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Mereka yang selalu mengubah jadwal tidur biasanya akan mengalami semacam jet lag. Bahkan, menurut hasil penelitian, tidur dengan jadwal yang disiplin seperti ini akan memberikan efek baik bagi kesehatan tubuh Anda meskipun durasi tidur Anda kurang dari 7-8 jam sekalipun.

4. Singkirkan semua gadget.
Sangatlah menggoda untuk bisa nonton acara televisi atau surfing internet di tempat tidur. Ingat, kegiatan tersebut justru mengganggu waktu tidur. Sinar yang keluar dari pesawat televisi atau layar komputer menekan kerja melatonin, hormon yang membuat Anda tidur. Demikian pula dengan handphone dan tablet. Jadi, singkirkan semua peralatan tersebut setidaknya satu jam sebelum tidur.

5. Hindari alkohol dan kafein.
Mengkonsumsi alkohol akan mengganggu pola tidur karena bisa mengakibatkan Anda terbangun sepanjang malam. Begitu pula dengan kafein. Disarankan untuk tidak mengkonsumsi kopi setidaknya 6 jam sebelum jadwal tidur Anda.
Selamat mencoba!

Tidak ada komentar: