Senin, 27 Februari 2012

Camilan Buat Balita

image

(Anton/GHS)
Makanan selingan perlu diperkenalkan kepada balita untuk mengisi kekosongan antara makan pagi dan siang dan di antara keduanya. Kenalkan camilan yang dapat memancing imajinasi anak.
Porsi camilan atau kudapan sebaiknya lebih kecil dari makanan utama. Biasanya camilan lebih dinikmati daripada makanan utama. Orangtua perlu mengawasi apa yang disenangi anak.
Jangan hanya berupa kalori kosong. Banyak jenis camilan untuk balita yang mengandung nilai gizi baik, sehingga bermanfaat bagi kesehatannya dan juga sesuai dengan seleranya.
Makanan selingan terkadang juga dapat membantu melengkapi kekurangan makanan utama. Namun, hal ini tentu jangan sampai terjadi terus-menerus, yakni balita Anda lebih banyak makan camilan ketimbang menu utama. Untuk itu perlu dimonitor apa saja yang dikonsumsi balita selama seminggu.
Setelah usia 2 tahun anak kelihatan lebih aktif, yang tentunya kebutuhan kalori dan gizinya meningkat. Yang sering dikeluhkan orangtua, pada usia ini banyak anak menolak makan (fussy eaters). Ibu yang sabar dan cerdik dapat mempengaruhi nafsu makannya dengan asupan yang tepat demi pertumbuhan si kecil. Itulah mengapa perlu dibiasakan pengaturan menu dan jam makan.
Sebaiknya untuk sementara gantilah menu yang biasa disajikan dengan yang lain, asal tidak mengurangi nilai gizinya. Juga perlu trik khusus, agar anak mau makan. Jika menolak sayur, masukkan sayuran yang telah dihaluskan ke dalam hidangan.
Upayakan suasana makan yang nyaman, gunakan untuk berkomunikasi seputar makanan atau ajak anak lain untuk ikut makan bersama. Berikan porsi makan dengan penyajian yang menarik agar anak mau menikmatinya.
Dengan mengajarkan makan yang tepat dan benar, anak akan terbiasa sehingga tidak ingin makan hanya karena tren, seperti yang dilihatnya di televisi atau dari lingkungan.
Cracker Lapis Keju Sayuran
Untuk 5 buah
(1 buah = 138 kalori)

Bahan:

10 buah cracker
5 lbr keju slice

Bahan ragout ayam:
5 gr margarin
5 gr tepung terigu
50 ml susu
50 gr daging ayam giling
50 gr wortel, dipotong dadu, direbus, ditiriskan
1 sdt bawang bombai, dicincang
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir

Cara membuat:
1. Buat ragout ayam. Bawang bombai dan daging ayam giling ditumis dengan margarin hingga wangi. Masukkan tepung terigu, aduk rata. Tuangi susu sedikit demi sedikit sampai habis sambil diaduk. Masukkan wortel, tambahkan garam, gula pasir, aduk rata, angkat dan sisihkan.
2. Ambil crackers, beri keju slice, atasnya diberi ragout lalu tutup dengan crackers. Lakukan semua hingga habis.
3. Hidangkan.
Oleh: Tuti Soenardi - Ahli Gizi

Tidak ada komentar: