Senin, 27 Februari 2012

Sandwich Tuna Sehatkan Mata Anda

image
Sandwich tuna dapat melindungi mata Anda di saat usia sudah menua. Demikian kata para peneliti yang dipublikasikan dalam Jurnal Kedokteran Opthalmology.
Konsumsi ikan termasuk tuna secara teratur dan makanan lain yang mengandung asam lemak omega-3 dapat mengurangi risiko kebutaan hingga 42 persen saat usia sudah menua.

Demikian setidaknya kesimpulan yang dibuat para ilmuwan dari Universitas Harvard.

Setidaknya sekitar 200.000 warga Inggris dikatakan menderita gangguan degenerasi mata-Acute Macular Degeneration (AMD) tiap tahunnya.

Ini merupakan kejadian umum pada mereka yang sudah berusia di atas 50 tahun dan yang sudah mengalami menderita gangguan penglihatan karena hal lainnya.

Sebuah tim dari Rumah Sakit Wanita Brigham dan Sekolah Kedokteran Harvard di Boston mengumpulkan data dari 38.000 wanita yang tidak terdiagnosa mengalami AMD.

Informasi mengenai kebiasaan makan termasuk konsumsi asam lemak omega-3 dan omega-6 dan kondisi kesehatan mata mereka selama 10 tahun terakhir dikumpulkan.

Selama waktu itu, 235 kasus AMD dilaporkan ada. Para ilmuwan menemukan bahwa wanita yang banyak mengonsumsi minyak ikan, 38 persen lebih rendah risikonya menderita AMD dibanding yang jarang mengonsumsi.

Dan bila konsumsi ikan tiap minggunya satu porsi atau lebih, risiko makin berkurang hingga 42 persen bila dibanding mereka yang hanya makan sekali sebulan.

Pemimpin peneliti, Dr. William Christen mengungkapkan,"Risiko makin menurun pada mereka yang mengonsumsi ikan tuna (kaleng) atau ikan laut dalam." Meski tuna yang dikemas dalam kaleng tidak segar, hasilnya tetap sama saja. (abd/dailymail)
Bahan:
150 gr     Tuna kaleng
30 gr      Bawang bombay cincang
1 sdm      Kecap Inggris
1 buah     Telur rebus dihancurkan
1/2 buah   Jeruk nipis
3 sdm      Mayones
2 lbr      Roti gandum
Garam dan merica secukupnya

Cara membuat:
1. Peras tuna dalam kaleng hingga mengering, campurkan dengan bawang bombay cincang, telur, jeruk nipis. Tambah garam dan aduk hingga rata.
2. Tambah mayones dan aduk. Oleskan pada roti di salah satu sisinya, lalu tutup dengan lembaran roti. Makanan siap disajikan

Catatan: masukkan lemari pendingin bila ingin dikonsumsi nanti.

Tidak ada komentar: