Senin, 27 Februari 2012

Cokelat, Paling Kaya Antioksidan

image
Kabar gembira untuk para pecinta cokelat. Sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa cokelat hitam ternyata lebih kaya antioksidan bahkan bila dibandingkan dengan kelompok buah beri.
Penelitian ini dilakukan oleh para ilmuwan di pusat pabrik cokelat Hershey's Amerika. Mereka membandingkan jumlah antioksidan dalam blueberry, cranberry, dan jus buah delima untuk arsip kesehatan dan gizi produk mereka.

Namun hasilnya tak disangka, kakao dalam cokelat hitam terlihat memiliki kandungan flavanols lebih banyak dibandingkan dengan buah-buahan di atas.

"Untuk mengkaji nilai gizi dari cokelat kita harus bisa melihat kadar makronutriennya seperti lemak dan protein. Dari tes inilah kami temukan komposisi makronutrien bubuk kakao sangat baik" jelas pemimpin penelitian Dr Debra Miller.

Menurut Miller biji kakao bahkan bisa disebut sebagai buah super. Ini didukung oleh penelitian lain yang menunjukkan bahwa hanya dengan konsumsi sepotong coklat hitam sehari dapat memangkas hingga sepertiga risiko penyakit jantung. Hanya 6.7g atau seperempat ons per hari cokelat terbukti optimal melindungi jantung.

Belum cukup sampai disitu para peneliti juga mengklaim bahwa dengan menghirup bau cokelat saja kita dapat terlindung dari pilek.

Namun yang patut disayangkan adalah lemak dan kadar gula tinggi dalam cokelat yang tidak begitu bagus bagi tubuh. Ini berarti Anda harus pintar memodifikasi cokelat dengan menyantapnya bersama makanan kaya serat seperti kacang-kacangan dan buah dan sayuran.

Tidak ada komentar: